Putra, I Putu Pur Adi (2025) PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF BERMUATAN KEARIFAN LOKAL TRI HITA KARANA MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 PUJUNGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031332-COVER.pdf Download (836kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031332-ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031332-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031332-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 NETODELOGI PENELITIAN)
2111031332-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031332-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031332-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031332-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031332-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun E-Book interaktif, (2) mendeskripsikan hasil validitas pengembangan E-Book interaktif, (3) mendeskripsikan kepraktisan E-Book interaktif, dan (4) mengetahui efektivitas E-Book interaktif yang dikembangkan dalam meningkatkan minat baca. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuisioner. Hasil penelitiannya sebagai berikut : (1) rancangan bangun E-Book interaktif ini dirancang melalui tahapan pengembangan ADDIE. (2) hasil Validitas E-Book interaktif berdasarkan nilai ahli media 4,76 dengan kualifikasi sangat baik, ahli materi diperoleh nilai 4,87 dengan kualifikasi sangat baik. (3) hasil kepraktisan E-Book interaktif berdasarkan nilai praktisi respond guru memperoleh nilai 95,5% dengan kualifikasi sangat praktis, praktisi respond siswa memperoleh nilai 95% dengan kualifikasi sangat praktis. Dengan demikian E-Book interaktif yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan. (4) Hasil Efektivitas E-Book interaktif yang dikembangkan memperoleh nilai N-gain score 0,77 berada pada Tingkat pencapaian (g)≥0,70 dengan keterangan efektif. Dengan demikian E-Book Interaktif yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan minat baca siswa. Saran dari penelitian ini adalah agar guru memanfaatkan E-Book interaktif yang dikembangkan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Book Interaktif1, Kearifan Lokal Tri Hita Karana2, Kekayaan Budaya Indonesia3, Minat baca4. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Putu Pur Adi Putra |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 00:55 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 00:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23913 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |