Riasri, Ni Putu (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROJEK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031195-COVER.pdf Download (822kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031495-ABSTRAK.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031495-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031495-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
![]() |
Text (METODE 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031495-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031495-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031495-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031495-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031495-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media, (2) menganalisis kevalidan media, (3) menganalisis kepraktisan media, dan (4) menganalisis keefektifan media dan menghasilkan produk berupa media video pembelajaran interaktif berbasis projek untuk meningkatkan kemandirian siswa pada materi kegiatan ekonomi kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu: tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian menggunakan dua ahli materi dan dua ahli media sebagai ahli materi dan media, sedangkan siswa dan guru sebagai uji coba kepraktisan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu kuesioner dengan menggunakan instrumen rating scale. Merujuk pada hasil penilaian yang telah dilakukan, diperoleh dari segi ahli materi sebesar 0,97 dan 0,93 dari segi ahli media dengan kreteria sangat relevan. Segi kepraktisan menggunakan guru dan siswa, kepraktisan dari respon guru memperoleh hasil 100% dan segi kepraktisan dari respon siswa memperoleh hasil 90% dengan kreteria sangat praktis. Uji efektivitas menggunakan aplikasi SPSS menunjukkan bahwa nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,00 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,00<0,05). Hasil ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara tingkat kemandirian siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran ini dimana H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, video pembelajaran interaktif berbasis projek untuk meningkatkan kemandirian siswa pada materi kegiatan ekonomi kelas IV sekolah dasar layak dan relevan untuk digunakan dalam meningkatkan kemandirian siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video pembelajaran, kemandirian, kegiatan ekonomi |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Riasri |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 02:04 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 02:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23922 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |