Purnawati, Ni Putu Sri Adi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR BERSERI BERBASIS PAIRED STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II SD NO 1 MAMBAL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031488-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031488-ABSTRAK.pdf Download (649kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031488-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (692kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031488-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031488-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031488-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031488-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031488-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (588kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031488-LAMPIRAN.pdf Download (17MB) |
Abstract
Keterampilan berbicara merupakan aspek penting dalam pembelajaran bahasa, tetapi banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam menyusun dan menyampaikan gagasan secara runtut serta percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas media gambar berseri berbasis paired storytelling dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Model penelitian yang digunakan yakni model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II sebanyak 26 siswa. Metode dan instrument pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara dan kuisioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan yakni deskripsi kuantitatif, deskripsi kualitatif dan inferensial. Berdasarkan analisis data, didapatkan nilai thitung = 10,462. Harga thitung tersebut kemudian dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf 5% dengan diketahui dk = (n1 - 1) = (26 - 1) = 25 adalah = 2,059. Maka dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri berbasis paired storytelling secara signifikan meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Siswa lebih percaya diri, mampu menyusun cerita secara runtut, serta menggunakan kosakata dan struktur kalimat yang lebih baik. Selain itu, metode ini menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Dengan demikian, pendekatan ini dapat menjadi alternatif efektif dalam pembelajaran berbicara di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Keterampilan berbicara, Gambar berseri, Paired storytelling, Pembelajaran Bahasa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Sri Adi Purnawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 07:21 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 07:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23934 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |