Antari, Luh Desy (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBASIS TEATER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II DI SD GUGUS III KECAMATAN SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031011_COVER.pdf Download (600kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031011_ABSTRAK.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031011_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text (BAB 2 LANDASAN TEORI)
2111031011_BAB 2 LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2111031011_BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031011_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031011_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031011_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031011_LAMPIRAN.pdf Download (0B) |
Abstract
Rendahnya kemampuan komunikasi verbal siswa, terlihat dari kurang mampunya mereka dalam menghadapi interaksi social di masyarakat dan kesulitan dalam menerima materi pembelajaran yang melibatkan siswa dalam interaksi bersama guru, mengakibatkan siswa mengeluh jika berhadapan dengan materi dan soal yang mempunyai kosakata sulit. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh model pembelajaran role playing berbasis teater terhadap kemampuan komunikasi verbal bahasa Indonesia siswa kelas II SD. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental, dengan rancangan yang digunakan Non-Equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini merupakan keseluruhan siswa kelas II SD yang terdiri dari 8 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 102 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Cluster Sampling, yang dirandom yaitu kelas sebagai Intact Group dengan komposisi sampel yang berjumlah 26 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 24 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data kemampuan komunikasi verbal bahasa Indonesia adalah metode non tes dengan menggunakan tes performa observasi guru yang berjumlah 24 butir. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung = 13,65 dan ttabel = 2,01. Kriteria pengujian menunjukan thitung (13,65) > ttabel (2,01) maka H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Role Playing berbasis teater terhadap kemampuan komunikasi verbal siswa kelas II di SD Gugus III Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan komunikasi verbal, Model pembelajaran role playing, Teater |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Desy Antari |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 02:43 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 02:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23961 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |