Liana Dewi, Ni Wayan Vopi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD GUGUR VI KECAMATAN PAYANGAN GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031168-COVER.pdf Download (860kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031168-ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031168-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031168-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031168-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031168-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031168-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031168-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031168-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Gugus VI Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental design) dengan rancangan Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Gugus VI Kecamatan Payangan, dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik random sampling intact group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan model PBL berbasis Etnomatematika dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis, kemudian dianalisis menggunakan uji Independent Samples T-Test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam kemampuan berpikir kritis. Hasil uji Independent Samples T-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), sehingga Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Artinya, model pembelajaran PBL berbasis Etnomatematika memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL berbasis Etnomatematika lebih aktif dalam menganalisis masalah, mampu mengembangkan solusi secara mandiri, dan lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Selain itu, integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran matematika membantu siswa menghubungkan konsep matematika dengan budaya yang mereka kenal, sehingga meningkatkan pemahaman dan keterampilan berpikir kritis mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Etnomatematika, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Budaya |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Vopi Liana Dewi |
Date Deposited: | 20 Apr 2025 03:44 |
Last Modified: | 20 Apr 2025 03:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |