PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOCIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI DAERAHKU KEBANGGAANKU KELAS V SEKOLAH DASAR

Utami, Ni Putu Dewina Putri (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOCIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI DAERAHKU KEBANGGAANKU KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031271-COVER.pdf

Download (621kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031271-ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031271-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031271-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031271-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031271-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031271-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031271-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031271-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran social learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa materi daerahku kebanggaanku kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent Post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus IV Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli Tahun Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 151 pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan hasil didapatkan yaitu siswa kelas V SD N 2 Sukawana yang berjumlah 10 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa SD N 1 Sukawana yang berjumlah 19 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes uraian yang berjumlah 10 butir soal. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t dengan hasil yang didapatkan yaitu thitung= 22,93 dan ttabel= 2,048. Kriteria pengujian menunjukkan thitung (22,93) > ttabel (2,048) sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran social learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa materi daerahku kebanggaanku kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Social Learning, berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Dewina Putri Utami
Date Deposited: 19 Apr 2025 11:08
Last Modified: 19 Apr 2025 11:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23972

Actions (login required)

View Item View Item