W, Ni Kadek Ayu Putri Lestari (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DALAM BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I GUGUS IV TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031315-COVER.pdf Download (911kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031315-ABSTRAK.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031315-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031315-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031315-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (850kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031315-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (663kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 HENUTUP)
2111031315-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031315-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031315-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan membaca permulaan dalam Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment), dengan desain non equivalent pos-test only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas I SD berjumlah 211 orang. Sampel diambil menggunakan cluster random sampling, sebanyak 30 siswa kelas I SD Negeri 7 Kediri sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa kelas I SD Negeri 1 Kediri sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrument lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu melalui perhitungan uji-t dengan taraf signifikan (a) 0,05 diperoleh t_hitung= 8,205 dan t_tabel = 1,672. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh t_hitung > t_tabel sehingga H_0 ditolak dan H_1diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan membaca permulaan dalam Bahasa Indonesia pada siswa kelas I. Penelitian ini berimplikasi pada proses pembelajaran yang dapat mendorong siswa lebih aktif dalam pembelajaran sehingga dapat mengembangkan pengetahuan dan kreatifitas siswa dalam membaca permulaan. Hal ini diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan membaca permulaan dalam bahasa Indonesia yang sesuai dengan harapan dan tujuan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci : Model Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R), Kemampuan Membaca Permulaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Ayu Putri Lestari W |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 00:39 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 00:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23985 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |