Aresta, Gede Oditya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS BOOK CREATOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN KETERLAMBATAN MEMBACA KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031336-COVER.pdf Download (939kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031336-ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031336-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031336-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031336-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031336-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031336-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031336-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031336-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media E-Book Interaktif berbasis Book Creator untuk membantu siswa sekolah dasar, khususnya yang mengalami keterlambatan membaca, serta mendukung guru dalam meningkatkan kemampuan membaca di kelas rendah. Penelitian ini menggunakan model pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dijadikan sebagai program tindakan yang sistematis untuk mencoba menindaklanjuti permasalahan yang sudah ada sebelumnya, yang utama yaitu permasalahan kemampuan membaca di tingkat sekolah dasar, yang nantinya akan disesuaikan dengan keadaan & kebutuhan siswa. Metode dalam penelitian untuk mengumpulkan data dilakukan dengan melakukan wawancara dengan wali kelas III serta memberikan lembar kuisioner kepada siswa. Dengan pengembangan media E-Book Interaktif berbasis Book Creator ini diharapkan dapat membantu siswa khususnya siswa dengan keterlambatan membaca untuk meningkatkan kemampuan membaca mereka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media E-Book Interaktif berbasis Book Creator memiliki tingkat validitas isi media tinggi yang terdiri dari validitas desain instruksional, validitas media, kepraktisan atau respon siswa, serta efektivitas. Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah didapat bahwa secara signifikan media E-Book Interaktif berbasis Book Creator efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan keterlambatan membaca di kelas III sekolah dasar yang ditandai dengan meningkatnya kemampuan membaca siswa dengan keterlambatan membaca yaitu Asymp.Sig. (2 taiiled) bernilaii 0,025. Yang artinya 0,025 < 0,05, maka H0 ditolaki dan H1 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, E-Book Interaktif, Book Creator, kemampuan membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gede Oditya Aresta |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 13:05 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 13:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24003 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |