PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA CARD SORT TERHADAP SIKAP SOSIAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS III SD GUGUS VII GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Jayanti, Kadek Putri Rani (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA CARD SORT TERHADAP SIKAP SOSIAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS III SD GUGUS VII GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031143-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031143-ABSTRAK.pdf

Download (640kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031143-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (578kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031143-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031143-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031143-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031143-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031143-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (586kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031143-LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media card sort terhadap sikap sosial pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment), dengan desain non- equivalent post test only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas III SD berjumlah 152 orang. Sampel di ambil menggunakan cluster random sampling, sebanyak 21 siswa kelas III SD Negeri 3 Lebih sebagai kelompok eksperimen dan 18 siswa kelas III SD Negeri 1 Lebih sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan instrument lembar kuesioner. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu melalui perhitungan uji-t dengan taraf signifikan (a) 0,5 maka diperoleh thitung = 10,433 dan ttabel = 1, 687. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media card sort terhadap sikap sosial siswa. Penelitian ini berimplikasi pada proses pembelajaran dapat menjadi lebih efektif dan efisien dalam menanamkan nilai-nilai sosial dan moral kepada siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Hal ini diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan sikap sosial yang sesuai dengan harapan dan tujuan Pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Model pembelajaran Group Investigation, Sikap Sosial, Media Card Sort, Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Putri Rani Jayanti
Date Deposited: 24 Apr 2025 13:12
Last Modified: 24 Apr 2025 13:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24006

Actions (login required)

View Item View Item