Sumarsani, Ni Wayan Rani (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD MUATAN IPA MATERI BAGIAN TUMBUH TUMBUHAN DAN FUNGSINYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031346-COVER.pdf Download (832kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031346-ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031346-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031346-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031346-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031346-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031346-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031346-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031346-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Permasalahan uatama dalam penelitian ini yakni Pembelajaran IPAS di monoton, minimnya media interaktif membuat siswa pasif dan sulit memahami konsep sehingga rendahnya keterlibatan, pemahaman, dan hasil belajar siswa. Subjek uji coba adalah media pembelajaran flashcard dengan muatan IPA pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya, dalam proses penelitian melibatkan 30 siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis flashcard untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Baktiseraga dalam materi bagian tumbuhan dan fungsinya. Pengembangan menggunakan model ADDIE, mencakup analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam uji coba ini adalah angket atau kuesioner, metode analis menggunakan analisis deskripsi kualitatif (masukan ahli) dan kuantitatif (data dalam bentuk angka). Flashcard dibuat dengan Canva, dilengkapi gambar, teks, serta barcode menuju video dan kuis interaktif. Validasi ahli menunjukkan indeks validitas 3,65 (layak digunakan). Uji kepraktisan mendapat respon positif dari guru (100%) dan siswa (94%). Uji efektivitas dengan pretest-posttest menunjukkan peningkatan signifikan (p < 0,001). Hasil penelitian membuktikan bahwa media ini valid, praktis, dan efektif dalam pembelajaran IPA. Oleh karena itu, flashcard berbasis Canva direkomendasikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran, khususnya pada materi bagian tumbuhan dan fungsinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan media, flashcard, pembelajaran IPA, hasil belajar, bagian tumbuhan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Rani sumarsani |
Date Deposited: | 19 May 2025 01:05 |
Last Modified: | 19 May 2025 01:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |