Elsiyana, I Wayan (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIGBOOK BERBASIS LITERASI TEKS NARASI BERBASIS LITERASI TEKS NARASI BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031331-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031331-ABSTRAK.pdf Download (979kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031331-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031331-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031331-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031331-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031331-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (729kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031331-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031331-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun Media pembelajaran bigbook berbasis literasi teks narasi Berbasis Literasi Teks Narasi Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD, (2) mengetahui kelayakan Media pembelajaran bigbook berbasis literasi teks narasi Berbasis Literasi Teks Narasi Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD, (3) mengetahui efektivitas Media Pembelajaran Bigbook Berbasis Literasi Teks Narasi Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan melalui metode angket/kuesioner dan tes berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rancang bangun media pembelajaran Bigbook berbasis literasi menghasilkan berupa media cetak berukuran A3 untuk materi teks narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia (2) media pembelajaran Bigbook dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian dari ahli isi mata pelajaran sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli desain intruksional sebesar 95,4% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli media pembelajaran sebesar 93,1% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian uji coba perorangan sebesar 98% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil penilaian uji coba kelompok kecil sebesar 93,88% dengan kualifikasi sangat baik. (3) efektivitas media pembelajaran Bigbook berdasarkan uji-t sample dependent diperoleh nilai t_hitung= 24,59 sedangkan nilai t_tabel dengan dk = n – 1 = 25 – 1 = 24 pada taraf signifikasi 5% diperoleh sebesar 1,711. Hasil tersebut menunjukkan t_hitung > t_tabel sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata keterampilan membaca pemahaman sebelum dan sesudah menggunakan Media Pembelajaran Bigbook Berbasisi Literasi Teks Narasi efektif diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, Bigbook , literasi, Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Wayan Elsiyana |
Date Deposited: | 20 May 2025 23:27 |
Last Modified: | 20 May 2025 23:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |