Santuni, Bela (2025) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV GUGUS V KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031073-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031073-ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2111031073-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2111031073-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
2111031073-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031073-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V KESIMPULAN)
211131073-BAB V KESIMPULAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031073-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031073-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kurangnya perhatian dan dukungan dari orang tua serta rendahnya motivasi belajar siswa menjadi faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Pola asuh yang tepat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, sementara motivasi belajar yang tinggi mendorong siswa lebih berusaha dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto korelasional, dengan teknik pengumpulan data berupa kuisioner dan pencatatan nilai IPAS siswa. Sampel penelitian berjumlah 101, yang dipilih menggunakan teknik Stratified Proportionate Random Sampling. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: terdapat hubungan signifikan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPAS, terdapat hubungan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPAS IPA, dan secara simultan terdapat hubungan yang signifikan pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua dan motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal, siswa perlu mendapatkan pola asuh yang seimbang serta memiliki motivasi belajar yang tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, IPAS, pola asuh orang tua, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Bela Santuni |
Date Deposited: | 26 May 2025 02:26 |
Last Modified: | 26 May 2025 02:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |