Priandana, Putu Nanda Prastika (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM- BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN KENYAMANAN BELAJAR SISWA PADA MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM KELAS V SD GUGUS VII KECAMATAN SUKASADA TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031162-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031162-ABSTRAK.pdf Download (696kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031162-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031162-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031162-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031162-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031162-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031162-DARTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031162-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbantuan Mind Mapping terhadap motivasi dan kenyamanan belajar siswa dalam materi Harmoni dalam Ekosistem pada kelas V SD. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus VII Kecamatan Sukasada dengan jumlah seluruh populasi adalah 137 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah SD Negeri 5 Selat sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran Problem- Based Learning Berbantuan Mind Mapping dan SD Negeri 1 Selat sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dalam memperoleh data penelitian, digunakan metode tes berupa angket untuk mengukur motivasi dan kenyamanan belajar siswa. Analisis data diperoleh melalui analisis Anava dan Manova. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut; 1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan mind mapping dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional siswa kelas V di SD Gugus VII Kecamatan Sukasada (t hitung > t tabel (13,728 > 1.67065) selain itu juga diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05) ). 2) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kenyamanan belajar siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan mind mapping dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional siswa kelas V di SD Gugus VII Kecamatan Sukasada (t hitung > t tabel (11.470 > 1.67065) selain itu juga diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05) ). 3) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi dan kenyamanan belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan mind mapping dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional siswa kelas V di SD Gugus VII Kecamatan Sukasada (nilai Fhitung = 123,718 sedangkan Ftabel= 3,153 yang berarti Fhitung > Ftabel. Serta diperoleh nilai signifikansi adalah lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05)).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem-Based Learning, Mind Mapping, Motivasi Belajar, Kenyamanan Belajar, Harmoni dalam Ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Nanda Prastika Priandana |
Date Deposited: | 23 May 2025 07:07 |
Last Modified: | 23 May 2025 07:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24233 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |