Scykioria, Brenada Very (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN METAKOGNITIF SISWA KELAS IV SDN 1 PANJI ANOM TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111021012-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111021012-ABSTRAK.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111021012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111021012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111021012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111021012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111021012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111021012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111021012-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan sebagai bentuk (1) Untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media video pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan metakognitif siswa kelas IV SDN 1 Panji Anom tahun pelajaran 2024/2025. (2) Untuk mengetahui validitas media video pembelajaran interaktif metakognitif pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 1 Panji Anom tahun pelajaran 2024/2025. (3) Untuk mengetahui efektifitas penggunaan media video pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 1 Panji Anom tahun pelajaran 2024/2025 pada peningkatan metakognitif. Metode yang digunakan dalam pengembangan adalah ADDIE yang meliputi lima tahapan sistematis didalamnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, pencatatan dokumen, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) proses rancang bangun pengembangan media video pembelajaran interaktif ini dikembangkan dari tahapan analisis hingga tahap evaluasi, (2) Validitas yang dilakukan terdiri dari validitas ahli dan uji coba produk. (a) uji ahli isi materi pembelajaran diperoleh skor sebesar 98% dengan kualifikasi sangat baik (b) uji ahli desain pembelajaran diperoleh skor sebesar 93% dengan kualifikasi sangat baik (c) uji ahli media pembelajaran diperoleh skor sebesar 94% dengan kualifikasi sangat baik, (d) uji coba perorangan memperoleh skor sebesar 98,21% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan memperoleh skor 98,44% dengan kualifikasi sangat baik, (e) uji coba lapangan memperoleh skor sebesar 97,63%, (f) uji instrumen metakognitif 3,78 berada dalam kualifikasi tinggi (3) Media video pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPAS efektif untuk meningkatkan metakognitif siswa kelas IV SDN 1 Panji Anom tahun pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Pembelajaran interaktif, Metakognitif, ADDIE, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Brenada Very Scykioria |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 04:15 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 04:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |