Cahyani, Ni Nyoman Trisya Indah (2025) Penggunaan Teks Multimodal untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X PH 4 di SMK Negeri 1 Sawan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112011011-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112011011-ABSTRAK.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112011011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112011011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112011011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112011011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112011011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112011011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (817kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112011011-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengetahui penggunaan teks multimodal yang mampu meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X PH 4 di SMK Negeri 1 Sawan dan mendeskripsikan respons siswa terkait penggunaan teks multimodal dalam pembelajaran menulis teks negosiasi. Subjek penelitian ini adalah guru pengampu bahasa Indonesia dan siswa kelas X PH 4 di SMK Negeri 1 Sawan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan angket. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan teks multimodal dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa pada pembelajaran teks negosiasi di kelas X PH 4 SMK Negeri 1 Sawan. Rata-rata skor pada siklus II yakni sebesar 75 dengan persentase ketuntasan 81,2%. Respons siswa kelas X PH 4 SMK Negeri 1 Sawan terhadap penggunaan teks multimodal untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa pada pembelajaran teks negosiasi mendapatkan respons positif, yang terlihat melalui skor rata-rata respons siswa pada siklus II sebesar 86,5. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan teks multimodal sebagai media alternatif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi yang sesuai dengan gaya belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis, teks multimodal, teks negosiasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Trisya Indah Cahyani |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 03:11 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 03:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24439 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |