Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Teknik Dasar Bola Voli Pada Peserta Didik SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Tahun Ajaran 2024/2025

Irvan, Irvan (2025) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Teknik Dasar Bola Voli Pada Peserta Didik SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2116011002-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2116011002-ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2116011002-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar PJOK Teknik dasar bola voli kepada peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Singaraja melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw. Metode menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dengan dua siklus, terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi tindakan, dan refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Tahun Ajaran 2024/2025. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya hasil belajar peserta didik pada materi teknik dasar passing bawah dan passing dari siklus I rata-rata keberhasilan peserta didik dengan persentase sebesar 54,54% dengan kategori kompeten, sehingga penelitian ini dilanjutkan ke tahap siklus II, pelaksanaan tindakan siklus II mendapat peningkatan rata-rata keberhasilan 81,81% dengan kategori baik atau kompeten. Didukung oleh peningkatan hasil belajar dengan jumlah persentase dari 54,54% di Siklus I menjadi 81,81% pada Siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwasanya hasil belajar PJOK materi bola voli passing bawah dan passing atas meningkat melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw pada peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Tahun Ajaran 2024/2025. Diharapkan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran cooperative type jigsaw karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Copperative Type Jigsaw, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: IRVAN
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:54
Last Modified: 17 Jun 2025 01:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24493

Actions (login required)

View Item View Item