Mahendra, Monica Virly Egithareina (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL BUDAYA SIAT TIPAT BANTAL BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA MATERI BUDAYA DAERAHKU MUATAN IPAS SISWA KELAS V DI SD NO. 3 TIBUBENENG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031099-COVER.pdf Download (898kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031099-ABSTRAK.pdf Download (680kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031099-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (640kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031099-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031099-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031099-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031099-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031099-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (723kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031099-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran audiovisual budaya Siat Tipat Bantal berbasis profil pelajar Pancasila materi budaya daerahku, (2) mengetahui validitas media pembelajaran audiovisual budaya Siat Tipat Bantal berbasis profil pelajar Pancasila materi budaya daerahku, (3) dan mengetahui efektivitas media pembelajaran audiovisual budaya Siat Tipat Bantal berbasis profil pelajar Pancasila materi budaya daerahku. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif, dan analisis statistik inferensial (uji-t sampel dependent). Hasil penelitian ini berupa (1) Media pembelajaran audiovisual berisi materi budaya Siat Tipat Bantal berbasis profil pelajar Pancasila yang membantu siswa dalam memahami materi IPAS terkait budaya daerah, serta menanamkan nilai karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. (2) Validitas media pembelajaran audiovisual ditunjukkan dari hasil uji isi/materi pembelajaran dengan persentase 92,85% (sangat baik), uji ahli desain instruksional dengan persentase 91,66% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran dengan persentase 91,07% (sangat baik), uji praktisi dengan persentase 91,25 (sangat baik), uji coba perorangan dengan persentase 93,33% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil dengan persentase 92,22% (sangat baik). (3) Efektivitas media pembelajaran audiovisual berdasarkan uji-t diperoleh thitung = 10,540 dan ttabel= 2,101 yang artinya t hitung > t tabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran audiovisual layak dan efektif digunakan pada muatan IPAS materi budaya daerahku di kelas V SD No. 3 Tibubeneng.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media Pembelajaran Audiovisual, Siat Tipat Bantal, Profil Pelajar Pancasila, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Monica Virly Egithareina Mahendra |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 07:11 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 07:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24533 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |