EFEKTIFITAS KONSELING SINGKAT BERFOKUS SOLUSI DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X DI SMA LAB UNDIKSHA

Priyandana, I Putu Yoga (2025) EFEKTIFITAS KONSELING SINGKAT BERFOKUS SOLUSI DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X DI SMA LAB UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111011043-COVER.pdf

Download (964kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111011043-ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111011043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (294kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111011043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111011043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111011043-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111011043-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111011043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111011043-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena beberapa siswa yang mengalami kepercayaan diri yang rendah, terlihat dari beberapa siswa yang kurangnya kepercayaan diri, banyak siswa yang masih ragu-ragu saat menjawab pertanyaan di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik kepercayaan diri siswa dan efektivitas konseling singkat berfokus solusi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X di SMA LAB UNDIKSHA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest-Postest control grup design. Subjek dalam penelitian ini adalah judges instrumen. Objek dalam penelitian ini adalah tingkat kepercayaan diri siswa kelas X SMA LAB Undiksha. Metode pengumpulan data yaitu angket/kuesioner, observasi, dan tes. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman observasi dan lembar dan angket/kuisioner. Uji coba melibatkan siswa kelas X SMA LAB Undiksha yang berjumlah 39 siswa. Data dari hasil pre-test dan post-test dianalisis menggunakan uji t dengan independent sample t test untuk mengetahui efektivitas kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas konseling singkat berfokus solusi untuk dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa bersifat valid ditinjau dari hasil penilaian ahli dan efektif ditinjau dari hasil uji coba terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas konseling, konseling singkat berfokus solusi, kepercayaan diri siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: I Putu Yoga Priyandana
Date Deposited: 19 Jun 2025 00:16
Last Modified: 19 Jun 2025 00:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24549

Actions (login required)

View Item View Item