Aryananda, I Putu Gede (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERORIENTASI OLAHRAGA TRADISIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR GERAK DASAR MANIPULATIF DITINJAU DARI KORDINASI MATA TANGAN PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329121006-COVER.pdf Download (496kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329121006-ABSTRAK.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329121006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329121006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329121006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329121006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329121006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329121006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329121006-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berorientasi olahraga tradisional terhadap hasil belajar gerak dasar manipulatif ditinjau dari kordinasi mata tangan pada peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah treatment by level. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 6 Batubulan tahun pelajaran 2024/2025 yaitu terdiri dari 72 orang peserta didik. yang terdiri dari 2 kelas Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik dengan Kordinasi mata tangan tinggi dan Kordinasi mata tangan rendah yang diperoleh dari 27% batas atas dan bawah pada masing-masing kelas dengan jumlah sel 10 peserta didik. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes pengetahuan hasil belajar gerak dasar manipulatif. dan tes ketreampilan eye cordination, Analisis data menggunakan ANAVA 2 jalur dengan bantuan SPSS 26.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar gerak dasar manipulatif peserta didik yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah berorientasi olahraga tradisional lebih tinggi dari pada yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah.,(sig.0,027<0,05), berikutnya (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kordinasi mata tangan terhadap hasil belajar gerak dasar manipulatif.,(sig.0,000<0,05), berikutnya (3) Hasil belajar gerak dasar manipulatif peserta didik yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah berorientasi olahraga tradisional lebih tinggi dari pada yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi., (sig.0,000<0,05) dan (4) Hasil belajar gerak dasar manipulatif peserta didik yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah berorientasi olahraga tradisional lebih rendah dari pada yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah yang memiliki koordinasi mata tangan rendah.,(sig.0,044<0,05). Kesimpulanya dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berorientasi Olaharaga tradisional, dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif dan keterampilan kordinasi mata tengan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi Olahraga Tradisional, Hasil Belajar, Gerak Dasar Manipulatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2) |
Depositing User: | I Putu Gede Aryananda |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:05 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24570 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |