Dewi, Ni Putu Sri Wahyu (2025) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF ANIMATOON BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN 1 BANJAR BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031359-COVER.pdf Download (890kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031359-ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031359-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031359-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031359-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031359-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031359-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031359-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031359-LAMPIRAN.pdf Download (22MB) |
Abstract
Setiap proses belajar idealnya dihubungkan dengan konsep yang relevan, menggugah minat, dan bermakna sehingga materi pelajaran lebih mudah diserap oleh siswa. Ketika kebosanan melanda kelas, konsentrasi mereka pun menurun. Dengan latar belakang kondisi tersebut, dikembangkanlah sebuah media pembelajaran berupa video interaktif bernama Animatoon, yang disesuaikan dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dan ditujukan untuk siswa kelas IV dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar. Media ini dirancang agar dapat memenuhi standar kelayakan dari segi validitas, kepraktisan, dan efektivitas dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Proses penelitian melibatkan partisipasi dari tiga orang ahli, seorang guru, serta 21 siswa, dengan fokus utama pada pengujian tingkat validitas dan efektivitas penggunaan video Animatoon dalam menyampaikan materi tentang konstitusi dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, penyebaran angket, dan pemberian tes, yang kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa: (1) video Animatoon dinilai layak dan mudah digunakan oleh para ahli serta siswa yang terlibat dalam uji coba, dan (2) penggunaannya terbukti mampu meningkatkan capaian belajar siswa dalam Pendidikan Pancasila, dibuktikan melalui hasil Paired Sample T Test yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Interaktif, Profil Pelajar Pancasila, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Sri Wahyu Dewi |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 03:20 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 03:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |