Rianti, Ni Made Elpina (2020) PENGARUH PENDEKATAN PAIKEM BERBANTUAN BRAIN GYM TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031289-COVER.pdf Download (502kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031289-ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031289-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (336kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031289-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031289-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031289-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031289-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031289-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (434kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031289-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Konsentrasi belajar siswa kurang optimal diakibatkan oleh kurang bervariasinya penggunaan pendekatan, metode, model, dan teknik pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran IPA di sekolah dasar, keadaan ini berdampak pada minat siswa untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran menjadi berkurang dan bermuara pada rendahnya pencapaian tujuan pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh siswa. Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan PAIKEM berbantuan Brain Gym terhadap konsentrasi belajar IPA. Quasi experiment berdesain Nonequivalent Control Group Design merupakan jenis penelitian ini. Sebanyak 211 siswa kelas V SD bertindak sebagai populasi dengan 27 siswa sebagai sampel kelompok eksperimen dan 25 siswa sebagai sampel kelompok kontrol dalam penelitian ini. Metode non-test dalam bentuk angket konsentrasi belajar IPA merupakan metode pengumpulan data dalam penelitian ini. Analisis statistik deskriptif serta analisis statistik inferensial berupa uji-t dengan rumus polled varians digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh. Perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang menggunakan pendekatan PAIKEM berbantuan Brain Gym dengan kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional ditunjukkan dengan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 pada hasil analisis uji-t. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan pendekatan PAIKEM berbantuan Brain Gym berpengaruh terhadap konsentrasi belajar IPA. Pendekatan PAIKEM berbantuan Brain Gym dapat diterapkan di sekolah dasar pada pembelajaran IPA sebagai upaya dalam mengoptimalkan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PAIKEM, Brain Gym, Konsentrasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Elpina Rianti |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 01:30 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 01:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2463 |
Actions (login required)
View Item |