PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD DI GUGUS V KECAMATAN SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Meliani, Komang Dita (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD DI GUGUS V KECAMATAN SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031111-COVER.pdf

Download (780kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031111-ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031111-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031111-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031111-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031111-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031111-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031111-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031111-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimen dengan desain Non-Equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Seririt yang terdiri dari 111 siswa. Sampel ditentukan melalui teknik Random Sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV di SD Negeri 1 Gunungsari berjumlah 21 orang dan siswa kelas IV di SD Negeri 2 Mayong dengan jumlah 23 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes berupa tes objektif sebanyak 30 butir. Berdasarkan hasil analisis uji-t didapatkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2024/2025. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi guru dalam memilih strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Mind Mapping, Hasil Belajar IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Komang Dita Meliani
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:40
Last Modified: 23 Jun 2025 02:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24639

Actions (login required)

View Item View Item