Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Aplikasi Assemblr Edu Untuk Siswa SMP pada Materi Sistem Pencernaan Manusia

Sari, Luh Sevin Sintya (2025) Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Aplikasi Assemblr Edu Untuk Siswa SMP pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113071030-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113071030-ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (243kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113071030-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran, media pembelajaran sangat diperlukan untuk menunjang terlaksananya proses pembelajaran dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis aplikasi Assemblr Edu untuk siswa SMP kelas VIII di SMP Negeri 1 Gerokgak pada materi sistem pencernaan manusia. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Subjek penelitian terdiri dari 2 validator ahli, 5 orang guru sebagai penilai kepraktisan, dan 10 siswa sebagai subjek uji keterbacaan. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket/kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan uji validitas media pembelajaran oleh validator, nilai persentase koefisien 1 dan berada pada rentang 0,8 – 1,0 pada tabel uji gregory, sehingga berkualifikasi validitas sangat tinggi, uji kepraktisan, nilai persentase yang diperoleh adalah 87,8% dengan kategori praktis. Selanjutnya dilaksanakan uji coba produk kepada peserta didik melalui uji keterbacaan, nilai persentase yang diperoleh adalah 82,5% dengan kategori terbaca. Oleh karena itu, produk atau media yang dikembangkan berupa media pembelajaran IPA berbasis aplikasi Assemblr Edu untuk siswa SMP pada materi sistem pencernaan manusia memenuhi kriteria validitas, kepraktisan dan keterbacaan yang baik dan bisa digunakan sebagai sumber belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, sistem pencernaan manusia, 4D, Assemblr Edu.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Luh Sevin Sintya Sari
Date Deposited: 26 Jun 2025 06:27
Last Modified: 26 Jun 2025 06:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24648

Actions (login required)

View Item View Item