Agung, Christio Rabi (2025) INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114041020-COVER.pdf Download (701kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114041020-ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114041020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114041020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114041020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114041020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114041020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114041020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114041020-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang diinternalisasi melalui kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di SMA Negeri 1 Singaraja, mengetahui dampaknya terhadap sikap dan perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam proses internalisasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler PMR mampu menginternalisasi nilai-nilai karakter seperti disiplin, kerja keras, bersahabat, peduli sosial, dan tanggung jawab. Kegiatan tersebut berdampak positif terhadap perubahan sikap dan perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari, seperti meningkatnya kedisiplinan, rasa empati, dan tanggung jawab. Namun, dalam memeuhi hal tersebut terdapat beberapa kendala, seperti rendahnya partisipasi siswa, keterbatasan anggaran, dan tantangan dalam pengelolaan waktu kegiatan. Meskipun demikian, PMR tetap menjadi wadah yang efektif dalam membentuk karakter siswa melalui kegiatan yang partisipatif dan berorientasi pada kemanusiaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PMR, nilai karakter, ekstrakurikuler, internalisasi, siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | CHRISTIO RABI AGUNG |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:34 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |