WISNUARDANI, ANAK AGUNG (2020) PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SD GUGUS 1 TEGALLALANG GIANYAR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031185-COVER.pdf.pdf Download (809kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031185-ABSTRAK.pdf Download (83kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031185-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (82kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031185-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031185-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031185-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031185-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031185-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031185-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model think pair share berbantuan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus 1 Tegallalang Gianyar Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ekserimen semu (quasi ekserimen) menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian berjumlah 153 siswa yaitu seluruh kelas IV SD Gugus 1 Tegallalang Gianyar. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu mengacak kelas. Sampel terpilih adalah SD Negeri 1 Tegallalang sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan SD Negeri 4 Tegallalang sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Data kompetensi Pengetahuan IPA dikumpulkan menggunakan tes objektif. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 7,104 > ttabel = 2,000, pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 59. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model think pair share berbantuan media mind mapping dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional kelas IV SD Gugus 1 Tegallalang Gianyar tahun ajaran 2019/2020. Demikian nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen x̄= 83,30 > x̄ = 67,96 rata-rata nilai kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model think pair share berbantuan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus 1 Tegallalang Gianyar Tahun Ajaran 2019/2020. Kata-kata kunci: think pair share, mind mapping, kompetensi pengetahuan IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | think pair share, mind mapping, kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | ANAK AGUNG WISNUARDANI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 05:19 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 05:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2475 |
Actions (login required)
View Item |