PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SD GUGUS 1 TEGALLALANG GIANYAR TAHUN AJARAN 2019/2020

WISNUARDANI, ANAK AGUNG (2020) PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SD GUGUS 1 TEGALLALANG GIANYAR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031185-COVER.pdf.pdf

Download (809kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031185-ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031185-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (82kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031185-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031185-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031185-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031185-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031185-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031185-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model think pair share berbantuan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus 1 Tegallalang Gianyar Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ekserimen semu (quasi ekserimen) menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian berjumlah 153 siswa yaitu seluruh kelas IV SD Gugus 1 Tegallalang Gianyar. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu mengacak kelas. Sampel terpilih adalah SD Negeri 1 Tegallalang sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan SD Negeri 4 Tegallalang sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Data kompetensi Pengetahuan IPA dikumpulkan menggunakan tes objektif. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 7,104 > ttabel = 2,000, pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 59. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model think pair share berbantuan media mind mapping dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional kelas IV SD Gugus 1 Tegallalang Gianyar tahun ajaran 2019/2020. Demikian nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen x̄= 83,30 > x̄ = 67,96 rata-rata nilai kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model think pair share berbantuan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus 1 Tegallalang Gianyar Tahun Ajaran 2019/2020. Kata-kata kunci: think pair share, mind mapping, kompetensi pengetahuan IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: think pair share, mind mapping, kompetensi pengetahuan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: ANAK AGUNG WISNUARDANI
Date Deposited: 28 Jul 2020 05:19
Last Modified: 28 Jul 2020 05:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2475

Actions (login required)

View Item View Item