PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH SISWA KELAS II SD DI GUGUS I ABIANSEMAL BADUNG TAHUN AJARAN 2024/2025

Pratiwi, I Gusti Ayu Intan (2025) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH SISWA KELAS II SD DI GUGUS I ABIANSEMAL BADUNG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031076-COVER.pdf

Download (944kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031076-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031076-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031076-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031076-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031076-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031076-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031076-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031076-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

kemampuan pemecahan masalah sangat penting dimiliki oleh setiap peserta didik karena penggunaanya dalam dunia kehidupan nyata dijadikan tolak ukur baik atau tidaknya kualitas pendidikan anak tersebut. Namun kemampuan pemecahan masalah di Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model CTL terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi operasi hitung bilangan cacah siswa kelas II SD. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental yaitu quasi eksperimental (eksperimen semu), dengan rancangan penelitian yaitu rancangan posttest only control grup design. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dua kelompok sampel, yaitu kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas control yang terdiri dari 25 siswa. Metode dan instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode tes essay sebanyak 10 soal. Uji hipotesis menggunakan rumus uji t. Namun sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa kedua sampel memiliki distribusi normal dan varians homogen. Berdasarkan hasil dari perhitungan uji-t pada taraf signifikansi 5% dengan dk 53 diperoleh hasil t hitung 7,624 lebih besar daripada t tabel 2,006 sehingga hipotesis nol (H0) tidak diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model CTL berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi operasi hitung bilangan cacah. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi bagi guru dan peneliti lain dalam menerapkan model CTL dalam Pembelajaran matematika di sekolah dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kata kunci: model CTL, kemampuan pemecahan masalah, operasi hitung bilangan cacah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Intan Pratiwi
Date Deposited: 24 Jun 2025 02:42
Last Modified: 24 Jun 2025 02:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24754

Actions (login required)

View Item View Item