Widiasih, Ni Putu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN TEMA BINATANG DENGAN PENDEKATAN NEURO LINGUISTIC PROGRAMMING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II SD NEGERI 1 PADANGSAMBIAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031402-COVER.pdf Download (768kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031402-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031402-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031402-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031402-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031402-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031402-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031402-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031402-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Pembelajaran dalam mengembangkan keterampilan berbicara masih ditemui hambatan seperti kurangnya minat dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran karena media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran boneka tangan dengan pendekatan Neuro Lingustic Programming yang valid dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan model ADDIE. Objek penelitian ini adalah validitas dan efektivitas media boneka tangan tema binatang. Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli ahli materi, guru dan siswa. Metode dari pengumpulan data menggunakan non tes dengan instrumen kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian memperoleh validitas menurut ahli materi sebesar 3,79 dan ahli media sebesar 3,875 yang termasuk ke dalam validitas kategori sangat baik. Berdasarkan uji repon guru diperoleh rata-rata 3,9, uji perorangan diperoleh rata-rata sebesar 3,83 dan uji kelompok kecil dengan rata-rata 3,875. Sehingga media boneka tangan tema binatang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil uji efektivitas, diketahui bahwa nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut, dilihat bahwa nilai Sig. < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain rata-rata keterampilan berbicara siswa kelas II SD N 1 Padangsambian sesudah menggunakan media pembelajaran boneka tangan pada muatan Bahasa Indonesia lebih dari atau sama dengan KKTP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Boneka Tangan, NLP, Keterampilan Berbicara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI PUTU WIDIASIH |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 04:54 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 04:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24763 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |