PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 1 SEPANG KELOD KECAMATAN BUSUNGBIU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Mudanta, Kadek Arya (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 1 SEPANG KELOD KECAMATAN BUSUNGBIU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031143-COVER.pdf

Download (886kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031143-ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031143-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031143-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031143-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031143-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031143-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031143-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031143-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian motivasi belajar dan hasil belajar IPA. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu 4D, terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Subyek penelitian ini adalah instrumen penilaian motivasi belajar dan hasil belajar IPA berupa kisi-kisi, lembar kuisioner dan tes hasil belajar IPA. Data yang dikumpulkan menggunakan metode angket dan tes. Data yang diperoleh akan dianalisis validitas dan reliabilitas masing-masing instrumen. Nilai rata-rata sebesar 0,92 dan 1 didapatkan dari hasil analisis validitas intrumen penilaian motivasi belajar dan hasil belajar, artinya kedua instrumen penilaian ini memilki validitas yang sangat tinggi. Sedangkan hasil analisis reliabilitas instrumen penilaian motivasi belajar adalah 0,86 dan hasil belajar IPA 0,87, artinya kedua instrumen ini memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi. Dari hasil yang diperoleh, maka dapat dinyatakan bahwa pengembangan instrumen penilaian motivasi belajar dan hasil belajar IPA layak dikembangkan dan digunakan untuk melakukan penilaian kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian motivasi belajar hasil belajar IPA model 4D
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: KADEK ARYA MUDANTA
Date Deposited: 27 Jul 2020 09:41
Last Modified: 27 Jul 2020 09:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2486

Actions (login required)

View Item View Item