PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD NEGERI 23 DANGIN PURI

Putra, I Made Dimas Erlangga Adi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD NEGERI 23 DANGIN PURI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031299-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031299-ABSTRAK.pdf

Download (405kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031299-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (492kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031299-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031299-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031299-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031299-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031299-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (503kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031299-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kualitas rancang bangun media pembelajaran flipbook berbasis problem solving pada materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan muatan Pendidikan Pancasila, (2) kelayakan media pembelajaran flipbook berbasis problem solving pada materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan muatan Pendidikan Pancasila ditinjau dari isi, desain, dan media, (3) efektivitas media pembelajaran flipbook berbasis problem solving pada materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan muatan Pendidikan Pancasila terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistika inferensial. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun media pembelajaran flipbook dengan hasil penilaian rancang bangun dari ahli rancang bangun dengan persentase 93,18% yang berada pada kualifikasi sangat baik. (2) Kualitas media pembelajaran flipbook menunjukkan hasil uji ahli isi muatan pelajaran sebesar 94,64% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 95% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 96,42% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 96,87% (sangat baik) dan uji coba kelompok kecil sebesar 95,83% (sangat baik). (3) Berdasarkan hasil uji-t diperoleh t_hitung sebesar 9,726 > t_tabel 1,717 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis Problem Solving efektif diterapkan pada materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan muatan Pendidikan Pancasila kelas V SD Negeri 23 Dangin Puri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Flipbook, Problem Solving, Pendidikan Pancasila.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Made Dimas Erlangga Adi Putra
Date Deposited: 26 Jun 2025 05:54
Last Modified: 26 Jun 2025 05:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24884

Actions (login required)

View Item View Item