Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Video Scribe Pada Materi Pengurangan Pecahan Kelas V Sekolah Dasar

Martha Arista Pratiwi, Komang Ayu (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Video Scribe Pada Materi Pengurangan Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1811031032-COVER)
1811031032-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (1811031032-ABSTRAK)
1811031032-ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[img] Text (1811031032-BAB I PENDAHULUAN)
1811031032-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text (1811031032-BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1811031032-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (1811031032-BAB III METODE PENELITIAN)
1811031032-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (1811031032-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1811031032-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (1811031032-BAB V PENUTUP)
1811031032-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (1811031032-DAFTAR PUSTAKA)
1811031032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text (1811031032-LAMPIRAN)
1811031032-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran audio visual berbasis VideoScribe pada materi pengurangan pecahan kelas V SD, dan (2) menguji validitas media yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dengan tahapan utama berupa analisis kebutuhan, perancangan storyboard, pengembangan produk, dan validasi ahli. Data dikumpulkan melalui lembar validasi yang dinilai oleh dua ahli materi, dua ahli media, dan satu praktisi (guru SD). Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk mengevaluasi masukan validator dan deskriptif kuantitatif untuk menghitung skor validitas menggunakan skala lima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memenuhi kriteria validitas sangat baik dengan skor rata-rata 4.5 dari ahli materi (skala 5), 4.66 dari ahli media, dan 4.86 dari praktisi. Media ini dirancang dengan alur pembelajaran sistematis yang meliputi: (1) intro media, (2) salam pembuka, (3) orientasi materi, (4) doa bersama, (5) persepsi konkret menggunakan analogi benda nyata, (6) tujuan pembelajaran, (7) materi pengurangan pecahan, (8) petunjuk pengerjaan soal, (9) latihan interaktif, (10) penyelesaian soal, (11) kesimpulan, dan (12) outro penutup. Keunggulan utama media terletak pada pendekatan konkret-abstrak dalam menyajikan materi serta integrasi nilai karakter sesuai Kurikulum Merdeka. Berdasarkan hasil validasi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Video Scribe ini valid dan layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran matematika di sekolah dasar. Untuk penelitian selanjutnya disarankan: (1) mengembangkan fitur interaktivitas yang lebih kompleks, (2) melakukan uji coba lapangan untuk mengukur efektivitas media, serta (3) menerapkan pendekatan serupa pada materi matematika lainnya. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan media pembelajaran matematika yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran abad 21.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Audio Visual, Video Scribe, Matematika, Validitas Media, 4D
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Komang Ayu Martha Arista Pratiwi
Date Deposited: 04 Jul 2025 11:38
Last Modified: 04 Jul 2025 11:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25115

Actions (login required)

View Item View Item