PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS III KECAMATAN KINTAMANI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ardithayasa, I Wayan (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS III KECAMATAN KINTAMANI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031228-COVER.pdf

Download (973kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031228-ABSTRAK.pdf

Download (281kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031228-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (395kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031228-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031228-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031228-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031228-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031228-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031228-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran group investigation (GI) berbasis tri hita karana terhadap hasil belajar’’IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eskperimen) dengan desain non equivalent post test only control group desain. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Kintamani dengan jumlah 139 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah SD Bayunggede berjumalah 29 orang sebagai kelompok eksperimen dan SD Sekaan berjumlah 25 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes pilihan ganda yang sudah di judges yang membidangi IPA dan diujicoba. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji-t. Hasil perhitungan rata-rata skor hasil belajar IPA siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran group investigation (GI) berbasis tri hita karana 19,62 termasuk ke kategori sangat baik, sedangkan siswa yang dibelajarkan model pembelajaran konvensional memiliki rata-rata skor hasil belajar IPA 15,16 termasuk ke kategori baik. Berdasarkan analisis dengan uji-t , diperoleh nilai thitung sebesar 5,71 dan ttabel sebesar 2,021 dengan taraf signifikan sebesar 5%. Ini berarti thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation (GI) berbasis tri hita karana berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa. Dan disarankan kepada kepala sekolah agar selalu berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran disekolah, dengan mensosialisasikan, memotivasi dan menfasilitasi guru kelas untuk menerapkan suatu model pembelajaran yang inovatif, sehingga siswa lebih bersemangat mengikuti pembelajaran dan meningkatnya hasil belajar siswa. Saran juga disampaikan untuk guru agar lebih berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran yang bervariari sehingga hasil belajar siswa juga akan lebih baik. Serta saran untuk peneliti lain agar memerhatikan kekurangan-kekurangan yang ditemukan dalam penelitian ini, sehingga hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk melaksanakan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: group investigation (GI), Tri hita karana, IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I WAYAN ARDITHAYASA
Date Deposited: 27 Jul 2020 02:22
Last Modified: 27 Jul 2020 02:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2516

Actions (login required)

View Item View Item