Dewi, Dewa Ayu Padma (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Power Point (PPT) Interaktif Dengan Menggunakan Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Metakognitif Untuk Meningkatkan Minat Baca Dan Keterampilan Berbicara Siswa Di Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031313-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031313-ABSTRAK.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031313-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031313-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2111031313-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031313-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031313-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031313-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031313-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, memvalidasi, menganalisis respon siswa, serta menguji efektivitas media powerpoint (PPT) interaktif dengan menggunakan artificial intelligence (AI) dalam meningkatkan minat membaca dan keterampilan berbicara siswa di SD. Studi ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri atas tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Subjek penelitian mencakup media powerpoint (PPT) interaktif dengan menggunakan artificial intelligence (AI), sedangkan subjek uji coba terdiri dari 27 siswa kelas II SD. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara, observasi, serta kuesioner. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi, lembar rating scale, serta kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji validitas, analisis deskriptif, serta uji-t berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) validitas media yang dikembangkan sebesar 3.95 memiliki tingkat validitas yang tinggi, validitas materi sebesar 3.85 dengan tingkat validitas tinggi, 2) hasil kepraktisan oleh siswa sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat tinggi, 3) Hasil analisis efektivitas media menunjukkan bahwa media interaktif ini efektif dalam meningkatkan minat membaca dan keterampilan berbicara siswa. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa pengembangan media interaktif powerpoint (PPT) dapat menjadi alternatif inovatif dalam meningkatkan minat membaca dan keterampilan berbicara siswa. Implikasi penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pendidik untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran guna meningkatkan kemampuan membaca dan keterampilan berbahasa siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media interaktif, keterampilan berbicara, minat baca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Dewa Ayu Padma Dewi |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 01:19 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 01:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25242 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |