Pramana, I Made Reka (2025) PENGEMBANGAN MEDIA DIVERSITY MAP BERBANTUAN FABEL PADA MUATAN IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA PADA SISWA KELAS IV SDN 3 TIYINGTALI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031245-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031245-ABSTRAK.pdf Download (659kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031245-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (613kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031245-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (735kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031245-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031245-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031245-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031245-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (584kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031245-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun media Diversity Map Berbantuan Fabel Pada Muatan IPAS Materi Indonesiaku Kaya Budaya Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Tiyingtali, (2) mengetahui kualitas Media Diversity Map Berbantuan Fabel Pada Muatan IPAS Materi Indonesiaku Kaya Budaya Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Tiyingtali menurut para ahli uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil, (3) mengetahui efektivitas media Diversity Map Berbantuan Fabel Pada Muatan IPAS Materi Indonesiaku Kaya Budaya Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Tiyingtali. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda, kuesioner, dan Teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Rancang bangun (2) Kualitas media menunjukkan hasil uji ahli isi muatan pelajaran sebesar 92% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 91% dengan kualifikasi (sangat baik), uji ahli media pemebelajaran sebesar 92% dengan kualifikasi (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 92% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil sebesar 93% (sangat baik). (3) Efektivitas video pembelajaran berdasarkan uji-t berkolerasi diperoleh hasil thitung sebesar 13,054. Kemudian harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel sebesar 1,761 hal ini berarti thitung > ttabel, Dengan demikian, H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil ini membuktikan bahwa penggunaan media Diversity Map berbantuan fabel secara signifikan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Indonesiaku Kaya Budaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Diversity Map, fabel, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Reka Pranama |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:47 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 07:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |