Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Bermuatan Kearifan Lokal Bali Pada Materi Kegiatan Ekonomi Tema 8 Sub Tema 1 Kelas 4 SD

Ningrum, Ajeng Tantia (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Bermuatan Kearifan Lokal Bali Pada Materi Kegiatan Ekonomi Tema 8 Sub Tema 1 Kelas 4 SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1811031104-COVER)
1811031104-COVER.pdf

Download (453kB)
[img] Text (1811031104-ABSTRAK)
1811031104-ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text (1811031104-BAB I PENDAHULUAN)
1811031104-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (286kB)
[img] Text (1811031104-BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1811031104-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (1811031104-BAB III METODE PENELITIAN)
1811031104-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (1811031104-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1811031104-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text (1811031104-BAB V PENUTUP)
1811031104-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (1811031104-DAFTAR PUSTAKA)
1811031104-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text (1811031104-LAMPIRAN)
1811031104-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun, menguji validitas, kepraktisan, dan efektivitas media komik digital bermuatan kearifan lokal Bali pada materi kegiatan ekonomi kelas IV SD dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R\&D) model ADDIE. Media dikembangkan untuk menjawab kebutuhan pembelajaran yang kontekstual, menarik, dan sarat nilai budaya lokal. Pengumpulan data dilakukan melalui uji validitas oleh ahli isi, desain pembelajaran, dan media; uji kepraktisan melalui respon guru, uji perorangan, serta kelompok kecil; serta uji efektivitas melalui pretest dan posttest. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif menggunakan skala Likert 4 poin untuk menilai validitas dan kepraktisan, serta analisis deskriptif kualitatif berdasarkan komentar dan saran dari responden untuk mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan media. Hasil validasi menunjukkan bahwa media tergolong sangat layak dengan skor dari ahli materi sebesar 100%, ahli desain pembelajaran 91,60%, dan ahli media 97,20%. Kepraktisan media dinilai sangat tinggi oleh guru (100%), siswa dalam uji perorangan (93,62%), dan kelompok kecil (95,34%). Uji efektivitas dianalisis menggunakan statistik inferensial melalui paired sample t-test, yang menunjukkan hasil signifikan dengan nilai p = 0,000 < 0,05 dan rata-rata selisih skor sebesar -34,750. Komik digital ini terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar, serta mampu menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan kontekstual melalui integrasi budaya lokal dan pendekatan visual naratif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komik Digital, Kearifan Lokal, Ekonomi, Sekolah Dasar, ADDIE.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ajeng Tantia Ningrum
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:20
Last Modified: 08 Jul 2025 02:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25305

Actions (login required)

View Item View Item