Adiani, Ni Putu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION BERBANTUAN KARTU DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI GUGUS JENDRAL SUDIRMAN DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031050-COVER.pdf Download (710kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031050-ABSTRAK.pdf Download (156kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (144kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031050-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031050-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan kartu domino terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri Gugus Jendral Sudirman Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian nonequivalent control group, rancangan ini adalah rancangan yang melibatkan dua subjek yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rancangan ini dipilih karena tidak dapat mengontrol seutuhnya variabel luar yang mempengaruhi penelitian. Seluruh kelas IV SD Negeri pada Gugus Jendral Sudirman sebanyak 338 siswa digunakan sebagai populasi. Sampel yang terpilih sebagai objek penelitian adalah SD Negeri 13 Sesetan kelas IV A sebanyak 35 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 6 Sesetan kelas IV B sebanyak 40 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan instrumen pengumpulan data berupa tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh merupakan data hasil belajar matematika pada ranah kognitif dan dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians, hasil analisis yang didapatkan adalah thitung=3,818> ttabel =1,666 pada taraf signifikansi 5% (dk = 35 + 40 – 2 = 73) dimana H0 ditolak, hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan kartu domino memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri Gugus Jendral Sudirman Denpasar Selatan tahun ajaran 2019/2020. Saran yang diberikan adalah agar penelitian yang sudah dilakukan ini dijadikan sebagai acuan bagi peneliti lain yang melakukan penelitian serupa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Auditory Intellectually Repetition, Hasil Belajar Matematika, Kartu Domino |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Adiani |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 21:16 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 21:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2560 |
Actions (login required)
View Item |