Putra, Gede Agung Bayu Buana (2025) EKSISTENSI TUGU PRINGGADANI DI DESA BUBUNAN, BULELENG KAJIAN TENTANG SEJARAH, NILAI-NILAI KARAKTER, DAN STRATEGI PEMANFAATANNYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2014021020-COVER)
2014021020-COVER.pdf Download (661kB) |
![]() |
Text (2014021020-ABSTRAK)
2014021020-ABSTRAK.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text (2014021020-BAB 1 PENDAHULUAN)
2014021020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text (2014021020-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014021020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2014021020-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2014021020-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2014021020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014021020- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (2014021020-BAB 5 PENUTUP)
2014021020- BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2014021020-DAFTAR PUSTAKA)
2014021020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text (2014021020-LAMPIRAN)
2014021020-LAMPIRAN.pdf Download (925kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis eksistensi Tugu Pringgadani di Desa Bubunan, Buleleng, sebagai sumber belajar sejarah di SMA. Tugu ini dibangun untuk mengenang perjuangan tokoh lokal seperti Nengah Sumandra, Wayan Sada, dan Ketut Suweca yang gugur melawan Belanda dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tugu Pringgadani memiliki nilai sejarah dan karakter, seperti semangat kebangsaan, cinta tanah air, patriotisme, dan kepahlawanan, yang relevan dengan pembelajaran sejarah. Selain itu, tugu ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar melalui model pembelajaran berbasis masalah (PBL) untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang perjuangan lokal. Implementasinya meliputi kegiatan identifikasi, diskusi kelompok, dan presentasi terkait makna tugu. Penelitian ini merekomendasikan agar guru sejarah memanfaatkan monumen lokal seperti Tugu Pringgadani sebagai media pembelajaran kontekstual, sekaligus mendorong generasi muda untuk melestarikan warisan sejarah. Dengan demikian, Tugu Pringgadani tidak hanya berfungsi sebagai penghormatan bagi pahlawan, tetapi juga sebagai sarana edukasi yang memperkuat identitas nasional dan nilai-nilai karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tugu Pringgadani, Nilai Karakter, Sumber Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | Gede Agung Bayu Buana Putra |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 08:24 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 08:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25648 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |