Komba, Rani (2025) Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Biologi Pada Siswa Kelas IX DI SMP Negeri 7 Singaraja. Undergraduate thesis, Unuversitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1813041052-COVER.pdf Download (618kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1813041052-ABSTRAK.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (421kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813041052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041052-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041052-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1813041052-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui efektivitas model Problem Based Learning pada pembelajaran biologi siswa SMP terhadap nilai hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Semu dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 7 Singaraja. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX A sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas IX B sebagai kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan melalui teknik simpel random sampling dengan cara pengundian. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar biologi peserta didik. Data skor yang diperoleh dari tes pilihan ganda diuji menggunakan N-Gain Score. Kelas eksperimen hasil pengujian efektivitas model PBL menunjukkan bahwa nilai persentase N-Gain yang diperoleh sebesar 50%, masuk dalam kategori “Kurang efektif” dengan perolehan nilai hasil belajar kelas eksperimen secara keseluruhan N-gain skor rata-rata sebesar 0.5, termasuk dalam kategori “Sedang” Dan kelas kontrol nilai persentase N-Gain sebesar -9%, masuk dalam kategori “Tidak efektif” dengan nilai rata-rata N-gain score sebesar -2, masuk dalam kategori “Rendah”. Hal ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) kurang efektif dalam pembelajaran biologi terhadap nilai hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Problem Based Learning, Efektivitas, Pembelajaran Biologi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning1, Efektivitas2, Pembelajaran Biologi3 |
Subjects: | Q Science > QL Zoology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Rani Komba |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 08:46 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 08:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25650 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |