PENGARUH PENERAPAN STRATEGI JOYFUL LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SINGARAJA

Putri, Luh Lenny Ariesta (2025) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI JOYFUL LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011086-COVER.pdf

Download (960kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011086-ABSTRAK.pdf

Download (464kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011386-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (466kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011086-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011086-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011086-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011086-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011086-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011086-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja yang diterapkan dengan strategi joyful learning berbantuan wordwall berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment yang menggunakan posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja. Sampel diambil dengan memakai teknik Cluster Random Sampling, terdiri dari dua kelas yakni kelas VII Alamanda (Kelas eksperimen) dengan 32 siswa dan kelas VII Melati (Kelas kontrol) dengan 32 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dengan jenis tes uraian sebanyak 5 butir soal. Analisa hipotesis menggunakan Uji Independent Samples t-testdengan taraf signifikansi 5%. Hasilnya memaparkan t_hitung>t_tabel yaitu 3,327 > 1,669. Melalui uji hipotesis diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep matematis siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dimana pemahaman konsep matematis siswa pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol, hal ini disebabkan karena penggunaan strategi joyful learning berbantuan wordwall pada kelompok eksperimen yang membantu meningkatkan pemahaman konsep matematis, sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Maka, kesimpulannya yaitu pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja yang mengikuti pembelajaran dengan strategi joyful learning berbantuan wordwall lebih baik dibandingkan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran metode konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Joyful Learning, Wordwall, Pemahaman Konsep.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Matematika (S1)
Depositing User: LUH LENNY ARIESTA PUTRI
Date Deposited: 17 Jul 2025 08:53
Last Modified: 17 Jul 2025 08:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25691

Actions (login required)

View Item View Item