PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAKNA BERORIENTASI ETNOMATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANJAR

Agny, Ezra Zefania (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAKNA BERORIENTASI ETNOMATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011054-COVER.pdf

Download (713kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011054-ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (305kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011054-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011054-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011054-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemahaman terhadap konsep-konsep matematika merupakan elemen penting yang berkontribusi terhadap keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana Model Pembelajaran Bermakna yang diintegrasikan dengan unsur etnomatematika mampu meningkatkan kemampuan memahami konsep matematika pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjar. Metode yang digunakan ialah kuasi eksperimen dengan rancangan kelompok kontrol tanpa pretest. Seluruh siswa kelas VIII menjadi populasi, dan 62 orang dipilih sebagai sampel melalui teknik cluster random sampling. Sampel tersebut dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen (VIII A3) yang belajar menggunakan Model Pembelajaran Bermakna berorientasi budaya Bali melalui LKPD, serta kelas kontrol (VIII A2) yang belajar menggunakan model kooperatif. Hasil post-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman matematika siswa di kelas eksperimen mencapai 75,29, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 60,35. Hasil uji-t satu arah menunjukkan nilai signifikansi sebesar < 0,001, lebih kecil dari 0,05, serta t_{hitung}sebesar 5,653 yang melebihi t_{tabel} 1,671. Hal ini membuktikan terdapat perbedaan yang nyata antara kedua kelompok. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran bermakna berorientasi etnomatematika terbukti lebih optimal dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dibandingkan model kooperatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Bermakna, Etnomatematika, Pemahaman Konsep Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ezra Zefania Agny
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:00
Last Modified: 23 Jul 2025 08:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25882

Actions (login required)

View Item View Item