PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM BERBANTUAN POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS 8 SMP NEGERI 6 SINGARAJA

Aswikawati, I Gustu Ayu Putri (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM BERBANTUAN POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS 8 SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011087-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011087-ABSTRAK.pdf

Download (449kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011087-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (479kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011087-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011087-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011087-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011087-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011087-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011087-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran superitem berbantuan powtoon terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 6 Singaraja tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 341 siswa. Sampel penelitian terdiri atas siswa kelas VIII 6 dan VIII 7 yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 68 siswa. Uji kesetaraan kelas dilakukan berdasarkan nilai akhir semester ganjil kelas VIII. Instrumen penelitian berupa tes yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Tes berupa soal uraian yang terdiri dari enam soal yang diberikan kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada akhir penelitian. Data hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai t_hitung=3,033 lebih besar dari t_tabel=1,66820 sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran superitem berbantuan powtoon lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran superitem berbantuan powtoon memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: superitem, powtoon, kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Putri Aswikawati
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:16
Last Modified: 24 Jul 2025 03:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25924

Actions (login required)

View Item View Item