Situmorang, Romiati Navlida (2025) MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114031021-COVER.pdf Download (539kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114031021-ABSTRAK.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114031021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114031021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114031021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114031021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114031021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114031021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114031021-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Seririt dengan tujuan: (1) untuk menganalisis pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang menggunakan media animasi, (2) untuk menilai efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dibantu oleh media animasi terhadap motivasi belajar siswa, dan (3) untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media animasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran geografi. Desain penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari kelas XI 8 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI 5 sebagai kelompok kontrol yang dipilih secara acak setelah dilakukan uji kesetaraan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, kuesioner, dokumentasi, serta pencatatan dokumen dan kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media animasi dalam pembelajaran geografi dapat dilaksanakan dengan kriteria sangat baik (88,75), (2) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media animasi efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berdasarkan perhitungan N-Gain Score (0,69), (3) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media animasi tergolong cukup efektif (0,65) dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran geografi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuirri Terbimbing, Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), Pembelajaran Geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Romiati Navlida Situmorang |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 01:08 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |