PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAWAN

Merta, Made Sari (2025) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113071007-COVER.pdf

Download (839kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113071007-ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113071007-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi sains antara siswa dengan pembelajaran model Problem Based Learning dan siswa dengan pembelajaran model Direct Instruction pada kelas VII SMP Negeri 2 Sawan Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode quasi eksperimen dengan desain pretest posttest non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling, terdiri dari 126 siswa yang terbagi dalam dua perlakuan, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal uraian literasi sains yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya bedanya. Uji prasyarat analisis dilakukan melalui uji normalitas dan homogenitas, dan pengujian hipotesis dilakukan menggunakan ANAVA satu arah dan dilanjutkan dengan uji lanjut Least Significant Difference (LSD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang menggunakan Problem Based Learning dan kelompok yang menggunakan Direct Instruction terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F = 34,545 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan diperkuat oleh hasil uji LSD yang menunjukkan bahwa selisih rata-rata antara kelompok MPBL dan MDI sebesar 0,252 lebih besar dari nilai LSD sebesar 0,179 yang menunjukkan perbedaan signifikan antar kelompok perlakuan. Siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran menunjukkan hasil yang lebih tinggi dalam kemampuan literasi sains dibandingkan siswa yang belajar dengan model Direct Instruction. Dengan demikian, model Problem Based Learning lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Media Pembelajaran, Literasi Sains.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Made Sari Merta
Date Deposited: 24 Jul 2025 07:24
Last Modified: 24 Jul 2025 07:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25980

Actions (login required)

View Item View Item