KONTRIBUSI KEMAMPUAN NUMERASI DAN KETAHANMALANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINGARAJA

Tarigan, Nanda Pebrianika Br (2025) KONTRIBUSI KEMAMPUAN NUMERASI DAN KETAHANMALANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011031-COVER.pdf

Download (621kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011031-ABSTRAK.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (283kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011031-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi kemampuan numerasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, mendeskripsikan kontribusi ketahanmalangan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan mendeskripsikan kontribusi kemampuan numerasi dan ketahanmalangan secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang menggunakan desain studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII non-unggulan, dan sebanyak 171 siswa ditentukan sebagai sampel melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan numerasi, angket ketahanmalangan, dan tes uraian kemampuan peecahan masalah matematis. Teknik yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan dari kemampuan numerasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja sebesar 23,4%; (2) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan dari ketahanmalangan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja sebesar 22,09%; dan (3) Kemampuan numerasi dan ketahanmalangan secara simultan berkontribusi positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Nilai kontribusi gabungan sebesar 46% menunjukkan bahwa kedua variabel ini bersama-sama mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis secara signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan numerasi, ketahanmalangan, kemampuan pemecahan masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Nanda Pebrianika Br Tarigan
Date Deposited: 24 Jul 2025 07:37
Last Modified: 24 Jul 2025 07:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25982

Actions (login required)

View Item View Item