Tarigan, Nanda Pebrianika Br (2025) KONTRIBUSI KEMAMPUAN NUMERASI DAN KETAHANMALANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011031-COVER.pdf Download (621kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011031-ABSTRAK.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011031-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi kemampuan numerasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, mendeskripsikan kontribusi ketahanmalangan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan mendeskripsikan kontribusi kemampuan numerasi dan ketahanmalangan secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang menggunakan desain studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII non-unggulan, dan sebanyak 171 siswa ditentukan sebagai sampel melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan numerasi, angket ketahanmalangan, dan tes uraian kemampuan peecahan masalah matematis. Teknik yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan dari kemampuan numerasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja sebesar 23,4%; (2) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan dari ketahanmalangan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja sebesar 22,09%; dan (3) Kemampuan numerasi dan ketahanmalangan secara simultan berkontribusi positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Nilai kontribusi gabungan sebesar 46% menunjukkan bahwa kedua variabel ini bersama-sama mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan numerasi, ketahanmalangan, kemampuan pemecahan masalah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Nanda Pebrianika Br Tarigan |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 07:37 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 07:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25982 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |