Noviana, Sayu Putu (2025) PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E (ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, ELABORATE, AND EVALUATE) PADA MATERI EKOLOGI DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2113071001-COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113071001-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2113071001-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2113071001-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2113071001-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071001-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2113071001-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113071001-LAMPIRAN.pdf Download (19MB) |
Abstract
Keterampilan proses sains (KPS) merupakan serangkaian keterampilan yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Rendahnya KPS peserta didik salah satunya disebabkan oleh minimnya bahan ajar berupa LKPD dan model pembelajaran yang tidak memfasilitasi berlangsungnya KPS di setiap proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan menjelaskan dan karakteristik, tingkat validitas, kepraktisan, dan keterbacaan LKPD IPA berbasis Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, and Evaluate) pada Materi Ekologi dan Pelestarian Lingkungan untuk peserta didik kellas VII SMP/MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Development, and Disseminate), namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (Development). Subjek penelitian ini terdri dari 2 orang ahli media dan ahli materi sebagai validator, 3 orang guru IPA sebagai praktisi, dan 20 orang peserta didik SMP kelas VII sebagai subjek uji keterbacaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Metode wawancara menggunakan instrumen berupa pedoman wawancara dan metode angket menggunakan instrumen berupa angket uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keterbacaan. Penelitian ini menghasilkan dua jenis data, yaitu berupa data kualitatif dan kuantitatif. Karakteristik produk LKPD yang dikembangkan yaitu LKPD IPA berbentuk cetak dengan kegiatan pembelajaran dalam LKPD IPA menggunakan sintaks model Learning Cycle 5E. Hasil uji validitas memperoleh skor sebesar 1,00 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan memperoleh skor sebesar 94% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keterbacaan memperoleh skor sebesar 84% dengan kategori sangat terbaca. Berdasarkan hasil tersebut LKPD IPA berbasis Learning Cycle 5E yang dikembangkan valid, praktis, dan terbaca sehingga layak diuji ketahap selanjutnya yaitu tahap uji efektivitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KPS, Learning Cycle 5E, LKPD IPA |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Sayu Putu Noviana |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:01 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25997 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |