PENGEMBANGAN E-LKPD BERMUATAN MASALAH KONTEKSTUAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

Daniati, Luh Parashania (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERMUATAN MASALAH KONTEKSTUAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011011-COVER.pdf

Download (562kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011011-ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011011-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan kompetensi penting yang harus dimiliki siswa, khususnya pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) yang erat kaitannya dengan persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kenyataannya banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep SPLDV akibat penyajian materi yang abstrak dan kurangnya media pembelajaran yang kontekstual dan menarik bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, efektivitas, serta karakteristik E-LKPD yang dikembangkan. Hasil dari penilaian ahli media mencapai angka 4,69 dan ahli materi mencapai angka 5,00 serta rata-rata keseluruhan adalah 4,85 dengan kriteria sangat valid. Uji coba media pembelajaran interaktif dilaksanakan kepada siswa kelas VIII di SMPLaboratorium Undiksha. Hasil skor kepraktisan dari guru dan siswa dengan metode UEQ (User Experience Questionnaire) memperoleh skor rata-rata dari aspek daya tarik senilai 2,11; efisiensi senilai 1,92; ketepatan senilai 1,90; stimulasi senilai 2,20; kebaruan senilai 1,63 dengan kategori sangat baik dan kejelasan senilai 1,80 dengan kategori baik. Hasil efektivitas dilihat dari skor N-gain sebesar 0,754 yang tergolong dalam kategori tinggi. Secara keseluruhan, E-LKPD bermuatan masalah kontekstual pada materi SPLDV memiliki karakteristik sebagai media pembelajaran digital yang valid dari segi isi dan desain, praktis dalam penggunaannya, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, SPLDV, masalah kontekstual, model pengembangan ADDIE, pemecahan masalah matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Luh Parashania Daniati
Date Deposited: 24 Jul 2025 15:50
Last Modified: 24 Jul 2025 15:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26019

Actions (login required)

View Item View Item