Simanjuntak, Desma Lora (2025) Penerapan Model Discovery Learning Dengan Berbantuan Software Tracker Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI D SMA Negeri 1 Sukasada. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113021013-COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113021013-ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113021013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113021013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113021013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113021013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113021013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113021013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113021013-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan 1) meningkatkan prestasi belajar siswa, dan 2) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model discovery learning berbantuan software tracker. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI D SMA Negeri 1 Sukasada, yang berjumlah 30 orang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan, sedangkan objek penelitian ini adalah model discovery learning berbantuan software tracker, prestasi belajar siswa dan tanggapan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada siklus I materi gerak lurus dan siklus II materi fluida statis. Instrumen data dikumpulkan melalui tes prestasi belajar fisika siswa dan angket tanggapan siswa. Data dianalisis secara analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan 1) nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 72,3 (SD=12,9) dan siklus II sebesar 83,5 (SD=7,3) berada pada kategori baik. 2) tanggapan siswa terhadap penerapan model discovery learning berbantuan software tracker berada pada kategori sangat positif dengan nilai rata-rata sebesar 61. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dengan berbantuan software tracker dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas XI D SMA Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model discovery learning, software tracker, model pembelajaran konvensional, prestasi belajar fisika siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Desma Lora Simanjuntak |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:39 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |