Pratiwi, Putu Rani (2025) THE USE OF FLASHCARD MEDIA WITH SIGN LANGUAGE IN IMPROVING ENGLISH VOCABULARY OF DEAF STUDENTS IN GRADE VI AT SD NEGERI 2 BENGKALA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021203-COVER.pdf Download (921kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021203-ABSTRAK.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021203-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021203-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021203-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021203-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021203-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021203-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021203-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penggunaan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Inggris siswa kelas 6 SD Negeri 2 Bengkala. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah dua orang siswa tunarungu dari kelas VI dan objek penelitian adalah penggunaan media flashcard di SD Negeri 2 Bengkala. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes dan daftar cek observasi. Hasil tes dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif, sedangkan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan model analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dari data kuantitatif, terdapat peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa dengan menggunakan media flashcard. Nilai rata-rata post-test pada siklus 1 adalah 65. Disini nilai siswa 1 adalah 55 dan siswa 2 mendapatkan nilai 75.Dari hasil ini siswa 1 belum memenuhi nilai Standar Kompetensi Minimum jadi dilakukan siklus 2. Kemudian, untuk siklus 2 mengalami peningkatan rata-rata menjadi 87,5. Disini siswa 1 mencapai 80 dan siswa 2 mencapai 95. Hasil ini menunjukkan bahwa penguasaan kosakata siswa telah memenuhi dan melampaui Standar Kompetensi Minimum yaitu 60. Jadi disini penelitian perhasil untuk meningkatkan kosa kata siswa tunarunggu di kelas 6 di SD Negeri 2 Bengkla. Hasil data kualitatif dari hasil observasi juga mendukung temuan tersebut. Hasil observasi menunjukkan bahwa setiap siklusnya siswa tuna rungu semakin meningkatkan minat dan perhatiannya selama proses belajar mengajar berlangsung. Peningkatan penguasaan kosakata siswa tunarungu di kelas VI ini dikarenakan adanya gambar-gambar yang menarik dan permainan yang membuat kelas menjadi menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Tindakan Kelas, Kosakata, Flashcard |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | PUTU RANI PRATIWI |
Date Deposited: | 27 Jul 2025 14:10 |
Last Modified: | 27 Jul 2025 14:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26166 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |