Dwiadiningsih, Ni Kadek Putri Ayu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS FLIPBOOK DENGAN PENDEKATAN MINDFULLNES-CONGNITIVE-BEHAVIORAL HARMONY UNTUK MENINGKATKAN KENYAMANAN BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 6 PENDEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031035-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031035-ABSTRAK.pdf Download (431kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031035-LAMPIRAN.pdf Download (32MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 6 Pendem berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada 16 Agustus 2024 yang menunjukkan permasalahan kenyamanan belajar akibat lingkungan kelas yang kurang kondusif, terbatasnya fasilitas, dan rendahnya inovasi media pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada menurunnya minat belajar serta kemampuan literasi dan numerasi siswa, khususnya pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan rancang bangun media komik digital berbasis flipbook, (2) mendeskripsikan validitas, (3) kepraktisan, dan (4) efektivitas media dengan pendekatan mindfulness-cognitive-behavioral harmony dalam meningkatkan kenyamanan belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian meliputi ahli materi, ahli media, guru, dan 32 siswa kelas V. Data dikumpulkan melalui kuesioner/angket dan dianalisis menggunakan uji validitas Aiken, perhitungan rata-rata, dan Paired Sample T-Test. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa media komik digital berbasis flipbook ini memiliki kualitas sangat tinggi dengan skor validitas ahli materi sebesar 0,88 dan ahli media sebesar 0,92. Uji kepraktisan produk menunjukkan hasil sangat baik, dengan rata-rata skor dari siswa sebesar 3,62 dan dari guru sebesar 3,97. Efektivitas media diukur melalui uji pre-test dan post-test terhadap kenyamanan belajar siswa. Skor rata-rata pre-test adalah 41,03, dengan nilai minimum 33 dan maksimum 48. Setelah intervensi, skor rata-rata post-test meningkat menjadi 56,13, dengan nilai minimum 53 dan maksimum 60. Uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 (<0,05), dengan mean difference sebesar 15,094. Ini mengindikasikan perbedaan signifikan dan peningkatan kenyamanan belajar siswa setelah penggunaan media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik Digital, Flipbook, Mindfulness-Cognitive-Behavioral Harmony, Kenyamanan Belajar, Matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Putri Ayu Dwiadiningsih |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 02:39 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 02:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26175 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |