Dewi, Ni Putu Eva Indra (2025) PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKER BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SD NEGERI 20 DANGIN PURI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031321-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031321-ABSTRAK.pdf Download (617kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031321-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (652kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031321-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031321-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (919kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031321-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031321-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031321-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (555kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031321-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui rancang bangun media fun thinker book untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I SD Negeri 20 Dangin Puri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, (2) mengetahui kelayakan media fun thinker book untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I SD Negeri 20 Dangin Puri pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, (3) mengetahui efektivitas media fun thinker book untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I SD Negeri 20 Dangin Puri. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode wawancara, obeservasi, dan kuesioner. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini meliputi ahli isi materi pembelajaran, ahli desain instrulsional, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas I sebagai subjek uji coba produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, analisis deskriptif kualitatif, dan analisis statistik inferensial. Diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. (1) Hasil rancang bangun media fun thinker book berbentuk buku dengan gambar berwarna dan bingkai peraga yang dikemas untuk meningkatkan minat belajar siswa dan dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE, (2) Hasil kelayakan media melalui uji ahli isi materi pembelajaran sebesar 96,88%, ahli desain instruksional sebesar 93,75%, ahli media pembelajaran sebesar 95%, uji perorangan 95,84%, dan uji kelompok kecil 94,1%. (3) Hasil efektivitas fun thinker book berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung 11,708 dan ttabel 1,714 , jika dibandingkan diperolah thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian penelitian ini menunjukan bahwa media fun thinker book efektif untuk digunakan pada siswa kelas I sekolah dasar dengan adanya peningkatan kemampuan membaca signifikan sebesar 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, Fun Thinker Book, Kemampuan Membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Eva Indra Dewi |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 05:31 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 05:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26198 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |