DIGITALISASI PEMBELAJARAN KULINER BALI BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA KOMPETENSI LAUK PAUK KULINER BALI

Yasa, Kadek Puja (2025) DIGITALISASI PEMBELAJARAN KULINER BALI BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA KOMPETENSI LAUK PAUK KULINER BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115081049-COVER.pdf

Download (676kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115081049-ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115081049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115081049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115081049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115081049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115081049-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115081049-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115081049-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Peneliti mengembangkan media video pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe untuk mendukung pencapaian kompetensi lauk pada Mata Kuliah Kuliner Bali. Penelitian dan pengembangan (R&D) ini dilakukan dengan menggunakan model 4D, yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, menyebarkan kuesioner validasi kepada para ahli (materi, media, dan desain pembelajaran), dan kuesioner respon mahasiswa terhadap media video pembelajaran yang dikembangkan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan, dengan persentase validitas dari ahli materi sebesar 86%, ahli media sebesar 98%, dan ahli desain pembelajaran sebesar 97%, sedangkan respon mahasiswa terhadap media ini mencapai 90%. Peneliti merancang video pembelajaran ini secara interaktif dengan menambahkan animasi, audio, dan kuis interaktif melalui platform Edpuzzle untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa. Media ini mampu meningkatkan motivasi belajar, pemahaman materi, dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna bagi mahasiswa. Peneliti berharap hasil penelitian ini dapat menjadi referensi dalam mengembangkan media pembelajaran inovatif berbasis teknologi untuk mata kuliah lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Digitalisasi Pembelajaran, Video, Sparkol VideoScribe, Lauk Pauk, Kuliner Bali
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner (S1)
Depositing User: Kadek Puja Yasa
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:03
Last Modified: 28 Jul 2025 08:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26202

Actions (login required)

View Item View Item